06 Januari 2024

Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Berkomunikasi

sumber gambar: freepik-storyset



Kita tahu bahwa semua perilaku dan tindakan ada etika, aturan, dan norma yang harus kita ikuti. Begitu juga dalam komunikasi, ada etika dan batasan yang tidak boleh dilanggar atau kita akan mendapatkan konsekuensinya.

Memiliki etika saat kita berbicara dengan orang lain juga memberi kesan terhadap orang lain bahwa kita orang yang baik, dan ini juga menghindarkan kita dari masalah dan kesalahpahaman dengan orang lain.

Etika membantu kita untuk mengetahui cara memperlakukan orang lain dengan hormat dan pantas dalam hal apapun. Kita bisa membuat orang lain nyaman, membangun hubungan yang baik, dan menciptakan suasana nyaman dan santai kemanapun kita pergi.

Baca juga: Komunikasi asertif: Pantang menyakiti hati orang lain


Hal yang harus diperhatikan saat berkomunikasi

1. Lebih banyak mendengarkan

Orang suka berbicara tentang diri sendiri, ajukan pertanyaan yang menarik ke lawan bicaramu. Jangan hanya bertanya apa yang mereka lakukan.

tanyakan tentang hidup mereka, dan tunjukkan sikap kamu benar-benar tertarik dengan apa yang mereka bicarakan, bisa dengan menganggukkan kepala.

Dengarkan apa yang mereka bicarakan dan jangan memotong pembicaraan, respon saat dia selesai berbiacara.

Baca juga: Atasi kecanduan gadget denga digital detox

2. Berpikir sebelum berbicara

Pilih kata yang tepat saat kamu ingin melontarkan pernyataan atau pertanyaan, cari cara yang paling sopan sebelum kamu mengucapkan sesuatu.

Pikir juga apakah ada sesuatu yang sebaiknya tidak kamu ucapkan karena bisa menyinggung perasaan orang lain atau tidak.

3. Pertahankan kontak mata

Saat kamu berbicara dengan seseorang, jaga matamu agar fokus padanya, jangan melihat ke hal lain seperti melihat ponsel, jam, atau yang lainnya.

Semua orang ingin diperhatikan saat mereka berbicara, jika tidak terbiasa melihat matanya, kamu bisa melihat kearah diantara kedua matanya.

4. Tahu kapan harus berhenti

Jangan coba mendominasi percakapan. Terkadang yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menyampaikan pendapatmu dan kemudian diam, dan kadang di lain sisi yang terbaik adalah membiarkan pembicaraan berakhir.

Baca juga: Etika dasar dan beberapa manfaatnya

5. Bersikaplah bijaksana

Libatkan orang-orang yang cenderung pendiam ke dalam pembicaraan. Bertanya tentang pendapat mereka menjadi cara terbaik untuk membuat orang lain merasa diikutsertakan dan dihargai. Ubah topik jika suasana mulai tidak nyaman dengan topik saat ini.

Jika pembicaraan orang lain terputus, arahkan kembali pembicaraan pada mereka dan membiarkan mereka menyelesaikan apa yang mereka katakan.

6. Tunjukkan rasa hormat

Di situasi formal, ingatlah untuk mengunakan "tuan"  "nyonya" atau "bapak" "ibu" sesuai dengan dengan orang yang kamu ajak bicara. Katakan "tolong" dan "terima kasih" saat meminta atau menerima sesuatu.

Baca juga: mulai time management biar lebih produktif

7. Menjaga ucapanmu

Berhati-hatilah pada apa yang kamu ucapkan, jangan sampai menyebabkan ketidaknyamanan atau melukai perasaan orang lain.

Gunakan kata-kata yang tidak menarik perhatian pada masalah atau kekurangan orang lain secara terang-terangan.

8. Bawa topik pembiacaraan

Memiliki beberapa topik pembicaraan akan baik untukmu. Percakapan tentang hal-hal kecil bisa membosankan.

Ingat lawan bicaramu, pikirkan beberapa topik yang bisa kamu ajukan tanpa menciptakan masalah.


Penutup

8 hal diatas hanyalah beberapa etika dan hal yang harus diperhatikan saat berkomunikasi.

Dengan mengetahui apa saja yang harus diperhatikan, hal ini akan menjauhkan kita dari konflik dengan orang lain, dan akan menciptakan suasana yang nyaman.




sumber:

allen.faulton.medium.com - A guide to conversational etiquette

www.artofmanliness.com - The art of conversation: 5 dos and don'ts


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer di blog ini