31 Oktober 2023

Apa makna hidupmu

Apa makna dari hidup kamu? Apakah kamu bingung dengan makna hidupmu? Yuk simak artikel ini

Makna hidup

Makna hidup mengacu pada pemahamanmu tentang tujuan, arti, atau alasan eksistensi kamu sendiri. Ini berkaitan dengan pertanyaan filosofis, seperti alasan kenapa kamu ada di dunia ini, apa yang memberikan hidup kamu arti, dan bagaimana menemukan makna dalam pengalamanmu.

Makna hidup sering terkait dengan nilai-nilai kepercayaan, dan tujuan yang membantumu dalam menjalani hidup

Bagaimana cara menemukan makna hidup?

Menurut psikiater dan ahli saraf Viktor Frankl makna hidup bisa ditemukan melalui:

1. Menjalani realita dengan berinteraksi  secara otentik dengan lingkungan dan orang lain

2. Memberi kembali sesuatu kepada dunia melalui kreativitas dan ekspresi diri

3. Mengubah sikap ketika dihadapkan pada situasi atau keadaan yang tidak dapat diubah

Menurut Frankl, pointnya bukanlah apa yang kita harapkan dari hidup, tapi lebih kepada apa yang hidup harapkan dari kita.



references:

psychologytoday.com - What Is the Meaning of Life?

29 Oktober 2023

ayo mulai time management biar lebih produktif

                                                    sumber gambar: freepik-pikisuperstar


Kamu sering ngga sih merasa punya banyak waktu luang tapi cuma rebahan sambil scroll medsos? Atau kamu pernah punya to do list tapi tidak pernah dilakukan? Jadi produktif setiap harinya pasti bakal bikin kamu lebih seneng dan merasa puas dengan diri sendiri karena tidak menyia-nyiakan waktu.

Salah satu kuncinya adalah dengan manajemen waktu yang baik. Dengan mengatur waktu, kamu bakal punya lebih banyak goals yang bisa kamu capai dengan efektif.

Lalu, apa sih time management itu?

Mengutip definisi dari techtarget, time management berarti mengkoordinasikan tugas dan aktivitas untuk memaksimalkan keefektifan dari usaha individual. Pada dasarnya, tujuannya adalah untuk memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan lebih banyak hal dengan waktu yang lebih sedikit.

Elemen-elemen time management termasuk organisasi, perencanaan, dan penjadwalan untuk memaksimalkan waktu yang ada. Teknik manajemen waktu juga mempertimbangkan situasi individu dan kemampuan serta karakteristik yang relevan.

Manfaat mengatur waktu

Alih-alih membuang waktumu dengan percuma tanpa melakukan prioritasmu, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dengan mengatur waktu:

1. Membantu mencapai goalsmu

Mengatur waktu dengan lebih baik membuatmu lebih efektif. Daripada melakukan multitasking, fokuslah pada satu hal dalam satu waktu. Dengan cara ini, kamu bakal memberikan yang terbaik, dan hasilnya goalsmu lebih cepat tercapai.

2. Membantumu memprioritaskan tugasmu

Ketika kamu membuat jadwal, kamu bakal memprioritaskan tugas penting dan perlu untuk segera dilakukan.

3. Menyelesaikan banyak tugas dengan waktu yang lebih sedikit

Mengalokasikan tugas yang spesifik pada waktunya bakal membuatmu lebih fokus. Dengan mengikuti rencana, kamu punya peluang yang lebih baik untuk menangani tugas tersebut.

4. Mengurangi stress

Kamu bisa lebih mudah stress kalau kamu punya banyak to do list tapi tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikannya. Manajemen waktu yang baik bakal membantumu memprioritaskan tugas dan mengerjakannya.

Metode untuk mengatur waktu

Ada 3 hal yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Planning

Pepatah mengatakan "Dengan tidak merencanakan, kamu merencanakan kegagalan". Dengan tidak ada rencana, kamu tidak akan tahu hal yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikan tugasmu. Kamu mungkin kurang persiapan, menghadapi masalah yang tidak terduga, melewatkan tenggat waktu. Ini membuatmu merasa terbebani, tidak teratur, dan stress. Kamu harus paham nilai dari sebuah perencanaan, mungkin tidak akan langsung kelihatan, tapi jangan lupa dengan resiko dari tidak melakukan perencenaan.

Luangkan waktu 15 menit di akhir hari untuk merencanakan hari berikutnya, tuliskan semua yang ada di pikiranmu, jangan biarkan hanya tersimpan di memori otakmu.



2. Ketahui prioritas

Setelah membuat rencana, tanyakan pada dirimu mana yang harus pertama dikerjakan. Setidaknya ada 5 hal yang bisa jadi acuan untuk menentukan prioritasmu.

1. Penting dan mendesak
2. Penting tapi tidak mendesak
3. Mendesak tapi tidak penting
4. Tidak penting dan tidak mendesak
5. Membuang waktu

3. Lakukan

Yang terakhir, tentunya kamu harus melakukannya. Untuk apa kamu meluangkan waktu dengan membuat rencana dan memilih prioritas tapi tidak melakukannya? Sama saja bohong kan?

Lakukan satu tugas dalam satu waktu, hindari multitasking dan fokuslah 100% untuk mengerjakannya dan berikan yang terbaik. Hilangkan semua hal yang menjadi pemicu distraksi.

Kesimpulan

Sudah siap untuk jadi lebih produktif? Semua itu wajar kalau ngga sempurna di awal, kalau kamu baru memulai sesuatu jangan mengejar kesempurnaan. Yang terpenting kamu bisa tetap konsisten, hasil yang buruk lebih daripada tidak ada hasil sama sekali kan? Semoga ini bisa membantumu.



references:



28 Oktober 2023

Stress management: Tingkatkan Kualitas Hidup dan Membuatmu Lebih Bahagia

 
sumber gambar: freepik-freepik

Banyak dari kita yang mungkin merasa stress, entah itu stress karena kerjaan, tugas sekolah yang numpuk, skripsi yang revisi terus, atau bahkan masalah percintaan.

Nah dari sinilah stress management penting banget untuk dilakukan. Jadi, gimana sih cara mengelola stress yang baik? Apakah dengan healing dan menghamburkan uang? Itu mungkin bisa dilakukan. Tapi, kalo uang tiba-tiba habis sedangkan kebutuhan masih banyak, bakal sama saja akhirnya stress juga.

Jadi, simak terus artikel ini sampai habis biar tahu gimana cara mengatasinya.

Definisi stress management

Kita mulai dulu dari definisi, menurut kamus psikologi APA (American Psychological Association) stress management berarti teknik, strategi, atau program seperti relaksasi, antisipasi reaksi stress, dan teknik pernapasan, untuk mengatasi situasi yang menimbulkan stress dan keadaan stress itu sendiri.

Gejala stress

Apasih gejala yang biasa timbul? Ada 3 tanda gejala stress yang bisa kamu perhatikan.

1. Gejala fisik

Tubuh akan merespon saat kamu mengalami stress, diantaranya:
•Sakit kepala
•Nyeri di bagian tubuh terntentu
•Nafsu makan menurun atau bertambah
•Sakit perut dan masalah pencernaan
•Sering lelah dan mengantuk
•Kurang berenergi
•Otot menegang
•Pernapasan atau detak jantung lebih cepat

2. Perubahan perilaku

Stress juga bisa memengaruhi perilaku, misalnya:
•Lebih agresif
•Mudah tersinggung
•Menarik diri
•Hiperaktif
•Performa kerja/akademik menurun
•Sering telat

3. Kondisi pikiran

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, kondisi pikiran juga bisa menjadi tanda gejala stress. Seperti:
•Mudah lupa dari biasanya
•Sulit konsentrasi
•Moody
•Penurunan motivasi
•Tegang
•Cemas meningkat, mudah panik, dan khawatir



Manfaat stress management

Manajemen stress itu sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat, baik fisik maupun mental. Dengan merawat diri sendiri dan mengelola stress, kamu bakal bisa meningkatkan kualitas hidup dan meraih kesuksesan yang lebih besar dalam upaya pribadi dan profesional.

>Kesehatan fisik: Stress merupakan penyebab utama penyakit dan gangguan kesehatan. Hal ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Manajemen stress membantumu mengendalikan gejala kondisi kronis seperti arthiritis atau asma dengan mengurangi tingkat stress.

>Kesehatan mental: Mudah sekali untuk merasa terlalu terbebani oleh tantangan kehidupan dan merasa depresi atau cemas saat kamu stress. Tapi, dengan belajar cara mengelola stress dengan efektif melalui teknik relaksasi seperti meditasi, atau latihan mindfullness, perasaan itu bakal mulai berkurang seiring waktu dan ngga menggannggu rutinitas harianmu.



Cara mengelola stress

Beberapa cara ini mungkin efektif untuk kamu coba ketika ingin mengelola stress.

1. Latihan pernapasan.
Latihan pernapasan dalam dan meditasi bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi tingkat stress. Dengan latihan pernapasan, kamu meningkatkan jumlah oksigen dalam darah kita, yang tentunya bisa membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan.

2. Olahraga.
Melakukan aktivitas fisik, seperti berlari, yoga, ngegym, bisa mengurangi tingkat stress dengan melepaskan endorfin, yang merupakan peningkat suasana hati.

3.meditasi mindfullness.
berlatih meditasi mindfullnes merupakan latihan untuk fokus pada masa sekarang tanpa judgement atau tanpa penilaian, ini membantumu mengurangi stress dengan melatih pikiranmu hanya untuk fokus pada masa sekarang ketimbang khawatir terhadap masa lalu atau masa depan.

4. Relaksasi otot secara progresif.
Caranya dengan menengangkan dan melemaskan berbagai kelompok otot dalam tubuh, dengan relaksasi otot ini, bisa membantu kamu untuk melepaskan ketegangan otot dan mengurangi stress.

Menulis semua pikiran dan perasaanmu bisa menjadi alat yang powerful untuk mengelola stress, ini bakal membantumu untuk mengidentifikasi pemicu dan mengembangkan strategi untuk mengatasi stress.

Kesimpulan

Mungkin susah untuk terhindar dari pemicu-pemicu yang mengakibatkan meningkatnya level stress pada diri kamu, ngga ada salahnya untuk mencoba satu atau lebih teknik yang ada di atas.

Dengan stress yang lebih terkelola, ini membantu kita untuk lebih menikmati hari-hari dan kegiatan kita, dan tentunya saat kita mendapat masalah yang bisa memicu stress, dan kita bisa mengelolanya, akan lebih mudah untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Jadi, teknik mana yang sudah kamu terapkan?




references:




27 Oktober 2023

Positive Mindset: Manfaat dan Cara Melatihnya

 sumber gambar: freepik- pikisuperstar



Kamu merasa selalu berpikir negatif tentang dirimu dan sekelilingmu? Dan kamu selalu merasa tidak bahagia karena apa yang kamu pikirkan? Kenalan sama positive mindset, yuk. Ada beberapa manfaat dan tips simple yang bisa membantumu untuk lebih berpikir positif. Yuk, simak!

Definisi positive mindset

Penelitian psikologi belum memiliki definisi positive mindset yang disepakati secara bersama. Tapi, beberapa peneliti telah mengusulkan bahwa positive mindset mencakup kebahagiaan, rasa percaya diri, merasa berada dalam kendali, stabilitas, motivasi, dan optimisme (Barry, Folkard, & Ayliffe, 2014).

Mengingat pikiran bertanggung jawab atas pemikiran, emosi, tindakan, tidak heran kalau definisi dari positive mindset begitu luas.

Manfaat memiliki positive mindset

Selain membantumu untuk tetap percaya diri, ada beberapa manfaat memiliki positive mindset, seperti:

1. Umur yang lebih lama.
2. Tingkat depresi rendah.
3. Tingkat kesedihan dan rasa sakit yang rendah.
4. Lebih kuat terhadap penyakit.
5. Kesejahteraan psikologis dan fisik yang lebih baik.
6. Keterampilan dalam mengatasi kesulitan dan situasi stress yang lebih baik.

Cara melatih positive mindset

Kalau kamu cenderung untuk memiliki pikiran negatif, ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk membantumu lebih positif. Melatih strategi ini secara teratur bisa membantumu membangun kebiasaan untuk selalu berpikir positif.

1. Perhatikan pikiranmu.

Perhatikan apa yang keluar di pikiranmu setiap harinya. Kalau itu merupakan pikiran yang negatif, Berusahalah secara sadar untuk merubah cara berpikirmu

2. Cobalah untuk selalu bersyukur.

Ini lebih dari sekedar mengucapkan "terima kasih" ke orang lain ketika merekan membantumu, ini tentang  mencari sesuatu dalam pikiranmu untuk bersyukur setiap harinya. 

Bersyukur memberimu manfaat positif dan membantumu memiliki pandangan yang lebih baik.

Pikiran yang penuh rasa syukur membantumu untuk lebih optimis.

3. Gunakan positive selftalk.

Bagaimana kamu berbicara dengan dirimu sendiri memiliki peran penting yang memengaruhi cara pandangmu.

Studi menunjukkan mengubah caramu berbicara pada diri sendiri dengan lebih positif memiliki dampak positif pada emosimu dan responmu terhadap stress.

4. Fokus pada kekuatanmu

Kalau kamu merasa rendah diri, kamu akan cenderung fokus pada semua hal yang salah pada dirimu, hal-hal yang tidak kamu kuasai, perbedaan penampilan dengan orang lain, atau hal-hal yang kamu pernah gagal melakukannya.

Tapi kalau kamu ingin lebih mengembangkan positive mindset, lebih baik fokus pada kekuatanmu, hal yang kamu kuasai, keterampilan yang kamu punya, dan hal yang kamu berhasil melakukannya. Dengan mengubah fokus, ini bisa membantumu merasa lebih positif terhadap dirimu.

Kesimpulan

Pemikiran positif juga bisa memiliki resiko tertentu pada beberaa waktu. meskipun penting untuk memilik mindest yang positif, harapan yang tidak realistis bisa membuatmu kecewa. Tidak mampu menerima emosi negatif apapun, yang lebih dikenal sebagai toxic positivity, ini juga berdampak negatif pada kesejahteraan.



references:

barkeleywellbeing.com - Positive mindset: 17 Ways to Develop a Happier Mind

verywellmind.com - The Power of Positive Thinking

26 Oktober 2023

decision making: agar kamu nggak salah dalam mengambil keputusan

    sumber gambar:pixabay-geralt



Kemampuan decision making yang bijak adalah suatu skill yang sangat berharga, keputusan yang baik bisa membantu kita mencapai tujuan, mengurangi stress, dan meningkatkan efisiensi. Namun pengambilan keputusan bukanlah hal yang selalu mudah.

Nah, di artikel ini aku akan bahas apa manfaat dari pengambilan keputusan yang bijak, serta mengeksplorasi cara-cara untuk menghindari kesalahan yang sering terjadi dalam proses pengambilan keputusan.

Tapi sebelum itu, decision making itu apa sih? Menurut profesor psikolog kognitif, Margaret Matlin, decision making merupakan skill untuk menilai dan memilih di antara beberapa alternatif.

Manfaat mengambil keputusan

1. Mencegah penyesalan dan kerugian

Pengambilan keputusan yang kurang bijak bisa berdampak pada penyesalan dan kerugian. Nah, pengambilan keputusan yang baik bisa membantumu untuk mencegah hal itu terjadi.

2. Mengurangi energi otak

Kemampuan decision making yang baik akan mengurangi waktu untuk berpikir terlalu dalam dan lama ketika kamu perlu untuk membuat keputusan pada hal yang sering kita lakukan.

3. Lebih efisien dalam bekerja

Decision making skill yang baik dapat membantumu untuk lebih prduktif dan efisien. Hal ini karena kita bisa mencapai tujuan lebih cepat dan efektif.

Bagaimana cara melatih decision making ini

Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih decision making Kamu.

1. Peka terhadap situasi dan tujuan yang ingin dicapai

Tidak semua situasi dapat menggunakan keputusan yang sama. Nah, kamu perlu meningkatkan kepekaanmu dalam menilai situasi.

Kamu juga perlu mengamati masalah atau situasi apa yang kamu hadapi sekarang.

2. Pikir efek jangka panjang

Saat kamu perlu mengambil keputusan, jangan cuma berpikir tentang hal-hal yang menyenangkan atau enaknya saja, tapi pikir juga efek jangka panjang apa yang akan terjadi kalau kamu mengambil keputusan itu, apakah itu baik atau buruk.

3. Analisis pilihanmu

Ketika kamu mempertimbangkan sesuatu, kamu perlu untuk menganilisis pilihanmu. Kumpulkan informasi selengkap mungkin tentang pilihanmu untuk membantu membuat keputusan. 

Tapi, sering kali kamu tidak punya informasi yang cukup untuk mengambil keputusan, maka dari itu kamu perlu belajar melakukan riset, bertanya kepada ahli, atau data untuk mendapatkan cukup informasi.

4. Ambil jeda

Jangan terburu-buru saat ingin mengambil keputusan, saat kamu terburu-buru dalam mengambil keputusan, kamu akan cenderung untuk menggunakan emosi daripada pikiran yang lebih tenang.

Istirahat atau lepas dari pengambilan keputusan untuk sementara waktu bisa membuat keputusanmu jadi lebih baik, dan menghindarkan penyesalan di akhir karena keputusan yang salah.

Kesimpulan

Membuat kesalahan di awal ketika ingin mengambil keputusan itu merupakan hal yang wajar. Tapi, kamu bisa belajar bagaimana caranya agar keputusan jadi lebih baik untuk menghindari penyesalan dan kerugian yang akan terjadi karena pengambilan keputusan yang kurang tepat, dan pastinya ini bakal membantumu saat kamu ingin mengambil keputusan-keputusan penting yang berdampak dalam hidup dan juga karir kamu kedepannya.




references:


25 Oktober 2023

arti social skill, manfaat, dan cara melatihnya

Social skill menjadi hal penting dalam membangun hubungan, baik kehidupan personal maupun profesional. 

Memahami dan meningkatkan keterampilan ini bisa memberimu manfaat di semua aspek.

Dalam artikel ini, aku akan bahas definisi social skill, manfaat, dan bagaimana melatihnya.

Definisi Social skill

Social skill digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam berbagai cara, termasuk komunikasi secara verbal, nonverbal, tertulis, dan visual. Social skill juga bisa disebut sebagai "interpersonal" atau "soft skill"

Komunikasi verbal melibatkan lisan, sementara nonverbal mencakup bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata. Kamu menggunakan social skill dengan cara tertentu saat berkomunikasi dengan orang lain.


5 komponen dalam sosial skill

Tidak hanya keterampilan verbal, tentu ada komponen lain yang sama pentingnya. Bukan cuma tentang seberapa baik kamu memperkenalkan dirimu atau seberapa baik kamu dalam menjawab pertanyaan.

Menurut para psikiater John N. Constantino, Thomas Przybeck, Darrin Friesen, dan Richard D.Todd(2000) ada 5 komponen yang perlu diperhatikan dalam sosial skill

1. Social awareness: Bagaimana kita menangkap petunjuk sosial, seperti kapan giliran kitaberbicara, atau kapan orang lain ingin pergi.

2. Social cognition: Bagaimana kita merespon sinyal sosial dan meresponnya secara baik dan sesuai.

3. Social communication: Bagaimana kita merespon dan mananggapi ketika seseorang memberikan petunjuk non-verbal atau berkomunikasi secara verbal.

4. Social motivation: Hal-hal yang mendorong kita untuk merespon, seperti mengekspresikan empati atau kecemasan sosial.

5. Gaya hidup autistik: Perilaku yang dilakukan pengidap autisme, seperti perilaku berulang-ulang.


Manfaat social skill

Social skill memiliki beberapa keuntungan, baik dalam hubungan pribadi maupun profesional. Nah, keuntunguan itu diantaranya:

1. Kamu bisa berkomunikasi dengan lebih jelas dan efektif tentang kebutuhan dan keinginanmu
2. memiliki hubungan yang baik, bahkan lebih menyenangkan
3. menghadapi situasi sosial yang rumit
4. Merasa lebih bahagia
5. memiliki peluang karir yang bagus

5 cara untuk melatih social skill kamu

1. Praktik aktif mendengarkan

Salah satu kunci yang baik untuk berkomunikasi adalah mendengarkan secara seksama. 

Berikan perhatian penuh kepada orang yang sedang berbicara denganmu, jangan sibuk memikirkan respondmu. Dengarkan dengan penuh perhatian dan tanyakan pertanyaan yang relevan.

2. Belajar bahasa tubuh

Memahami bahasa tubuh dan ekspresi wajah orang lain sangat penting.

Pahami isyarat nonverbal, seperti kontak mata, senyum, gerakan tubuh. Ini bisa membantumu memahami perasaan orang lain dan menunjukan kalau kamu peduli.

3. Bijak dalam berbicara

Berbicara dengan jelas dan singkat. Coba untuk berbicara dengan sopan dan menjaga nada bicaramu yang tepat.

4. Kembangkan empati

Jangan hanya fokus pada dirimu sendiri, cobalah untuk memahami perasaan dan pandangan orang lain.

Bertanya tentang perasaan dan perspektif orang lain bisa meningkatkan hubungan sosialmu.

5. Praktik sosialisasi

Cobalah untuk terlibat dalam situasi sosial yang berbeda, seperti acara sosial, pertemuan bisnis, atau aktivitas kelompok.

Semakin sering kamu berinteraksi dengan orang, akan semakin baik kamu dalam berkomunikasi.

Kesimpulan

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, social skill juga bisa membantumu dalam karir, seperti mendapat ide, informasi, teknik, dan perspektif dari orang lain yang sudah ahli. Social skill juga bisa membuat tempat kerjamu lebih menyenangkan. Jadi, apa salahnya untuk mendalami skill ini.




references:


23 Oktober 2023

Productivity hacks yang membantumu mengatasi menunda pekerjaan

sumber gambar:freepik-freepik


Pernahkah kamu merasa tidak puas dengan pekerjaanmu? Merasa kalau sebenarnya kamu bisa melakukan lebih? Atau kamu selalu menunda tugas yang harusnya kamu lakukan? Nah, kamu bisa meninggalkan pekerjaanmu dengan perasaan bahagia dan puas dengan apa yang sudah kamu capai. 

Butuh beberapa teknik untuk membantumu bekerja lebih efisien dan yang terpenting, memberi lebih banyak waktu luang.

Apa itu produktivitas?

Produktivitas bukan cuma sekedar melakukan lebih banyak hal atau menyelesaikan tugas dari daftar yang harus kamu lakukan. 

Produktivitas berarti hanya fokus pada menyelesaikan hal-hal yang penting. Menjadi lebih prduktif bisa membutuhkan perjalanan panjang, jadi jangan panik, ambil satu langkah positif pada satu waktu.

Kenapa produktivitas itu penting?

Kemampuanmu untuk menjadi produktif bisa menjadi salah satu penentu penting kesuksesan profesional dan kebahagiaan dirimu. Kalau kamu bisa secara konsisten menghasilkan output berkualitas tinggi dengan tingkat produktivitas yang bisa dijaga, kamu bisa maju dalam pekerjaan dan kehidupan.

menjadi produktif bisa membantumu memprioritaskan tugas, mengatur waktu lebih efisien, dan memiliki lebih banyak waktu untuk aktivitas yang lebih memuaskan

Productivity hacks yang memudahkanmu dan bisa membantumu untuk tidak menunda

1. Rencanakan harimu

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah membuat jadwal dan tugas yang akan kamu kerjakan. Kamu harus tahu apa yang akan kamu lakukan, kapan kamu melakukannya, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Tanpa jadwal, mungkin kamu melewatkan tugas-tugas penting.

2. Time blocking

Tidak hanya menulis rencana dan jadwal yang akan kamu lakukan, kamu juga perlu membagi waktumu untuk setiap pekerjaan yang kamu lakukan.

Misal, kamu ingin belajar bahasa asing dari jam 7 sampai jam 8, dan belajar hal lain dari jam 8 sampai jam 9. Lakukan hal itu sesuai waktunya dan kalau waktunya habis, berhenti dan lakukan pekerjaanmu selanjutnya

3. Bangun lebih awal

Ini bisa menjadi awal yang bagus untukmu melakukan pekerjaanmu, karena kamu merasa memiliki banyak energi pada saat awal hari.

Kamu bisa menyelesaikan banyak tugas lebih awal di pagi hari di saat lebih sedikit gangguan dari pada siang hari.

4. Catat 3 tugas paling penting

Catat 3 tugas paling penting untuk hari ini. Gambarkan tugas-tugas tadi dengan detail untuk menghindari kebingungan.

Fokus pada tugas-tugas yang penting daripada yang mendesak

5. Buat rencana istirahat

Tulis semua hal yang ingin kamu lakukan selama istirahat dan sisipkan di antara waktu kerja.

Ini akan membantumu menyelesaikan tugas dengan lebih efisien selama waktu kerja.

Dengan begitu, kamu akan bijak menggunakan waktu istirahat untuk melakukan yang kamu nikmati.

6. Hindari multitasking

Mungkin kamu tergoda untuk melakukan dua hal bersamaan, tapi multitasking lebih banyak membawa kerugian daripada keuntungan.

Penilitian menunjukan bahwa sekitar 98% orang menjadi kurang produktif saat mereka melakukan multitasking karena mereka tidak fokus pada satu tugas

7. buang distraksi

Sangat mudah untuk mengalami distraksi, tapi kamu harus mencari cara untuk menghindarinya saat melakukan tugasmu.

Distraksi membuatmu membuang banyak waktu untuk kembali fokus pada tugas. Menghilangkan distraksi membuatmu lebih produktif dan tugasmu bisa selesai lebih cepat.

8. Hindari kesempurnaan

Tidak ada yang sempurna, jangan membuang waktumu untuk membuat setiap tugasmu menjadi sempurna.

kalau tugasmu sudah cukup sempurna, lanjut ke tugas yang lainnya.

9. Pecahkan tujuanmu menjadi lebih kecil

Daripada menunda tujuan jangka panjang yang kelihatan sulit, pecahkan menjadi tujuan-tujuan kecil agar lebih mudah dicapai dan terasa lebih realisitis.

Tujuan-tujuan ini seharusnya mudah untuk kamu capai dan cocok dengan jadwalmu.

10. Sisihkan waktu untuk kembali terhubung dengan tugasmu setiap pagi

Setelah menyelesaikan tugasmu di hari sebelumnya, mungkin kamu mencoba untuk menjauh dari pekerjaan.

Luangkan waktu beberapa menit di pagi hari untuk kembali terhubung dengan tugasmu, dengan memikirkan apa yang sudah kamu capai sehari sebelumnya atau apa yang ingin kamu capai di hari itu.

11. Jadwalkan perawatan diri

Jadwalkan perawatan diri untuk mengisi ulang energi dan mencegah burnout akibat tekanan kerja.

Lakukan apa saja yang membuatmu rileks dan melepaskan tekanan seperti membaca, jalan-jalan selama 10 menit, meditasi, bertemu sahabat, menonton film favorit, atau hal lainnya.

Kesimpulan

Dengan mengetahui apa yang menjadi prioritas, kamu bakal lebih mudah untuk menyelesaikannya. Dan dengan mengetahui kapan harus istirahat, kamu bakal lebih bisa untuk tetap produktif setiap harinya tanpa merasa tertekan.




references:

simplilearn.com - Top 30 Productivity Hacks to Get More Done in 2023

HubSpot.com - 15 Productivity hacks for a Succesfull 2023

Populer di blog ini